Kamis, 16 April 2015

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Tubuh

Minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol). #wikipedia

Lalu apa saja sih manfaat dari minyak zaitun bagi tubuh kita?

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Minyak zaitun dianggap sebagai salah satu produk terbaik untuk jantung. Hal ini karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam mengurangi kadar kolesterol berlebih. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung.

2. Menjaga Saluran Pencernaan
Manfaat minyak zaitun lainnya bagi kesehatan adalah membantu dalam menjaga saluran pencernaan. Mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah tepat dapat membantu untuk mengatasi sembelit.

3. Mencegah Kanker
Minyak zaitun dapat mencegah penyakit kanker serta mengurangi resiko untuk terserang penyakit kanker karena Minyak Zaitun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan dengan kandungan tersebut. Senyawa hidroksitirosol yang ada pada antioksidan tersebut sangat baik untuk menyeimbangkan kadar gula tubuh sehingga nantinya bisa mencegah pertumbuhan sel tidak normal penyebab kanker.

4. Memperkuat Otot Tubuh
Vitamin E yang terdapat didalam minyak zaitun dapat memperkuat otot pada tubuh kita. Berkurangknya vitamin E dapat menyebabkan otot pada tubuh kita menjadi cepat mengendur.

5. Melembabkan Kulit dan Kecantikan
Minyak Zaitun dapat membantu dalam melembabkan kulit dan membersihkan sel kulit mati. Penggunaan minyak zaitun pada area kulit dapat meremajakan kulit dan membuat kulit menjadi sehat dan cantik.

6. Menghilangkan Rasa Nyeri
Minyak Zaitun mengandung senyawa oleokanta yang bisa mencegah radang. Pembentukan protaglandin yang merupakan penyebab nyeri akan terhambat oleh minyak zaitun. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang nyeri untuk menghilangkan rasa nyeri.

7. Membuat Kuku Menjadi Sehat
Menggunakan minyak zaitun untuk kuku pada saat tidur juga merupakan cara terbaik untuk dapat memiliki kuku yang sehat.

8. Menjaga Kesehatan Rambut
Kegunaan lain dari manfaat minyak zaitun adalah membuat rambut tumbuh sehat. Menggunakan minyak zaitun dapat mencegah rambut rontok dan juga membantu dalam membuat rambut lembut dan mengkilap.

Semoga tulisan tentang Manfaat Minyak Zaitun Bagi Tubuh dapat bermanfaat ya?

Posted By: Unknown

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Tubuh

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us

About Us

Clala Clili Koh

Advertisment

Like Us

© INFO KESEHATAN All rights reserved | Uwik-uwik by Arief.In